Selasa, 20 November 2012

Microsoft Visual Studio

Posted by Rizki Hayati Tanjung 00.22

Microsoft Visual Studio adalah sebuah lingkungan pengembangan terpadu (IDE) dari Microsoft. Hal ini digunakan untuk mengembangkan konsol dan aplikasi antarmuka pengguna grafis bersama dengan aplikasi Windows Forms, situs web, aplikasi web, dan layanan web di kedua kode asli bersama dengan kode dikelola untuk semua platform yang didukung oleh Microsoft Windows, Windows Mobile, Windows CE,. NET Framework, NET Compact Framework dan Microsoft Silverlight. Visual Studio mencakup kode editor pendukung IntelliSense serta refactoring kode. Debugger terintegrasi bekerja baik sebagai source-level debugger dan debugger mesin-tingkat. Lain built-in tools termasuk desainer bentuk untuk membangun aplikasi GUI, web designer, desainer kelas, dan perancang skema database. Ia menerima plug-in yang meningkatkan fungsionalitas pada hampir setiap tingkat termasuk menambahkan dukungan untuk sumber-kontrol sistem (seperti Subversion dan Visual SourceSafe) dan menambahkan toolsets baru seperti editor dan desainer visual untuk domain-spesifik bahasa atau toolsets untuk aspek-aspek lain dari pengembangan perangkat lunak siklus hidup (seperti klien Team Foundation Server: Tim Explorer). Visual Studio mendukung bahasa pemrograman yang berbeda dengan cara layanan bahasa, yang memungkinkan kode editor dan debugger untuk mendukung (untuk berbagai tingkat) hampir semua bahasa pemrograman, memberikan layanan bahasa spesifik ada. Built-in bahasa termasuk C / C + + (melalui Visual C + +), VB.NET (melalui Visual Basic NET.), C # (melalui Visual C #), dan F # (pada Visual Studio 2010 [6]). Dukungan untuk bahasa lain seperti M, Python, dan Ruby antara lain tersedia melalui layanan bahasa diinstal secara terpisah. Ini juga mendukung XML / XSLT, HTML / XHTML, JavaScript dan CSS. Individu bahasa-spesifik versi Visual Studio juga ada yang menyediakan layanan bahasa yang lebih terbatas bagi pengguna: Microsoft Visual Basic, Visual J #, Visual C #, dan Visual C + +.
Arsitektur
            Visual Studio tidak mendukung bahasa pemrograman, solusi atau alat intrinsik, bukan memungkinkan memasukkan fungsi dikodekan sebagai VSPackage. Ketika diinstal, fungsi ini tersedia sebagai Layanan. IDE menyediakan tiga layanan: SVsSolution, yang menyediakan kemampuan untuk menghitung proyek dan solusi; SVsUIShell, yang menyediakan windowing dan fungsionalitas UI (termasuk tab, toolbar dan alat jendela), dan SVsShell, yang berkaitan dengan pendaftaran VSPackages. Selain itu, IDE juga bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan dan memungkinkan komunikasi antara layanan. Semua editor, desainer, jenis proyek dan alat-alat lain diimplementasikan sebagai VSPackages. Visual Studio menggunakan COM untuk mengakses VSPackages. The Visual Studio SDK juga mencakup Kerangka Paket Managed (MPF), yang merupakan satu set pembungkus dikelola sekitar interface COM-yang memungkinkan Paket yang akan ditulis dalam bahasa compliant CLI. Namun, MPF tidak memberikan semua fungsionalitas terpapar oleh antarmuka COM Visual Studio. Layanan kemudian dapat dikonsumsi untuk penciptaan paket lainnya, yang menambahkan fungsionalitas ke Visual Studio IDE.
Dukungan untuk bahasa pemrograman ditambahkan dengan menggunakan VSPackage spesifik disebut Layanan Bahasa. Sebuah layanan bahasa mendefinisikan berbagai antarmuka yang pelaksanaan VSPackage dapat menerapkan untuk menambahkan dukungan untuk berbagai fungsi. Fungsi yang dapat ditambahkan dengan cara ini meliputi pewarnaan sintaks, penyelesaian pernyataan, pencocokan brace, tooltips parameter informasi, daftar anggota dan spidol kesalahan untuk latar belakang kompilasi. Jika antarmuka diimplementasikan, fungsi tersebut akan tersedia untuk bahasa. Layanan bahasa ini perlu diterapkan pada basis per-bahasa. Implementasi dapat menggunakan kembali kode dari parser atau compiler untuk bahasa. Bahasa layanan dapat diimplementasikan baik dalam kode asli atau kode dikelola. Untuk kode asli, baik antarmuka COM asli atau Kerangka Babel (bagian dari Visual Studio SDK) dapat digunakan untuk kode dikelola, MPF termasuk pembungkus untuk menulis layanan bahasa yang dikelola.
Visual Studio tidak termasuk dukungan kontrol sumber yang dibangun di tapi mendefinisikan dua cara alternatif untuk sistem kontrol sumber untuk mengintegrasikan dengan IDE. Sebuah VSPackage Sumber Control dapat menyediakan antarmuka pengguna sendiri disesuaikan. Sebaliknya, kontrol sumber plugin yang menggunakan MSSCCI (Microsoft Source Code Control Interface) menyediakan satu set fungsi yang digunakan untuk melaksanakan fungsi kontrol sumber berbagai dengan antarmuka pengguna standar Visual Studio. MSSCCI pertama kali digunakan untuk mengintegrasikan Visual SourceSafe 6.0 dengan Visual Studio namun kemudian dibuka melalui SDK Visual Studio. Visual Studio NET 2002. Digunakan MSSCCI 1.1, dan Visual Studio. NET 2003 digunakan MSSCCI 1.2. Visual Studio 2005, 2008 dan 2010 menggunakan MSSCCI Versi 1.3, yang menambahkan dukungan untuk mengubah nama dan menghapus propagasi serta pembukaan asynchronous.
Visual Studio mendukung menjalankan beberapa contoh dari lingkungan (masing-masing dengan mengatur sendiri VSPackages). Contoh menggunakan registry hives yang berbeda (lihat definisi MSDN tentang "sarang registri" dalam arti yang digunakan di sini) untuk menyimpan konfigurasi negara mereka dan dibedakan oleh APPID mereka (ID Aplikasi). Contoh yang diluncurkan oleh exe APPID-spesifik. Yang memilih APPID tersebut, menetapkan sarang root dan meluncurkan IDE. VSPackages terdaftar untuk satu APPID yang terintegrasi dengan VSPackages lain untuk APPID itu. Edisi berbagai produk Visual Studio yang dibuat menggunakan AppIds yang berbeda. The Visual Studio Express edisi produk yang diinstal dengan AppIds mereka sendiri, tetapi produk Suite Standard, Profesional dan Tim berbagi APPID yang sama. Akibatnya, seseorang dapat menginstal edisi ekspres side-by-side dengan edisi lain, seperti edisi lain yang memperbarui instalasi yang sama. Edisi profesional mencakup superset dari VSPackages dalam edisi standar dan suite tim termasuk superset dari VSPackages di kedua edisi lainnya. Sistem ini memanfaatkan APPID oleh Shell Visual Studio di Visual Studio 2008 .
Fitur:
Kode Editor
Visual Studio, seperti IDE lain, termasuk editor kode yang mendukung sintaks dan code completion menggunakan IntelliSense untuk tidak hanya variabel, fungsi dan metode tetapi juga bahasa konstruksi seperti loop dan permintaan. IntelliSense didukung untuk bahasa disertakan, seperti serta untuk XML dan untuk Cascading Style Sheets dan JavaScript ketika mengembangkan situs web dan aplikasi web. Autocomplete saran yang muncul dalam kotak daftar modeless, overlay di atas kode editor. Dalam Visual Studio 2008 dan seterusnya, dapat dibuat sementara semi-transparan untuk melihat kode terhalang oleh itu. Editor kode digunakan untuk semua bahasa yang didukung.
Editor Visual Studio juga mendukung kode penanda pengaturan dalam kode untuk navigasi cepat. Alat bantu navigasi lainnya termasuk runtuh blok kode dan pencarian inkremental, di samping pencarian teks normal dan pencarian regex. Editor kode juga mencakup clipboard multi-item dan daftar tugas. Editor kode mendukung potongan kode, yang disimpan template untuk kode repetitif dan dapat dimasukkan ke dalam kode dan disesuaikan untuk proyek sedang dikerjakan. Sebuah alat manajemen untuk potongan kode dibangun juga. Alat ini muncul sebagai jendela mengambang yang dapat diatur untuk secara otomatis menyembunyikan saat tidak digunakan atau merapat ke sisi layar. Editor Visual Studio juga mendukung kode refactoring kode termasuk mengubah nama penataan kembali parameter, variabel dan metode, ekstraksi antarmuka dan enkapsulasi anggota kelas dalam properti, antara lain.
Visual Studio fitur kompilasi latar belakang (juga disebut kompilasi tambahan). Sebagai kode sedang ditulis, Visual Studio mengkompilasi di latar belakang untuk memberikan umpan balik tentang kesalahan sintaks dan kompilasi, yang ditandai dengan merah bergelombang menggarisbawahi . Peringatan ditandai dengan garis bawah hijau. Latar Belakang kompilasi tidak menghasilkan kode dieksekusi, karena membutuhkan compiler yang berbeda dari yang digunakan untuk menghasilkan kode dieksekusi kompilasi Latar Belakang awalnya diperkenalkan dengan Microsoft Visual Basic, tetapi sekarang telah diperluas. Untuk semua bahasa disertakan.
Debugger
Artikel utama: Microsoft Visual Studio Debugger
Visual Studio mencakup debugger yang bekerja baik sebagai source-level debugger dan sebagai debugger mesin-tingkat. Ia bekerja dengan baik kode dikelola serta kode asli dan dapat digunakan untuk debugging aplikasi yang ditulis dalam bahasa yang didukung oleh Visual Studio. Selain itu, juga dapat melampirkan ke proses yang berjalan dan memantau dan debug proses-proses. Jika kode sumber untuk proses menjalankan tersedia, ini akan menampilkan kode seperti yang sedang dijalankan. Jika kode sumber tidak tersedia, dapat menunjukkan pembongkaran tersebut. Debugger Visual Studio juga dapat membuat dump memori serta beban mereka nanti untuk debugging. Multi-threaded program juga didukung. Debugger dapat dikonfigurasi akan diluncurkan saat aplikasi berjalan di luar lingkungan crash Visual Studio. Debugger ini memungkinkan pengaturan Breakpoints (yang memungkinkan eksekusi harus dihentikan sementara pada posisi tertentu) dan jam tangan (yang memantau nilai-nilai variabel sebagai kemajuan eksekusi). Breakpoints dapat bersyarat, berarti mereka mendapatkan dipicu ketika kondisi terpenuhi . Kode dapat melangkah lebih, yaitu, jalankan satu baris (kode sumber) pada suatu waktu. Ini dapat masuk ke fungsi untuk debug di dalamnya, atau langkah di atas, yaitu, pelaksanaan fungsi tubuh tidak . tersedia untuk pemeriksaan manual debugger mendukung Edit dan Lanjutkan, yaitu, memungkinkan kode untuk diedit karena sedang debugged (32 bit saja; tidak didukung dalam 64 bit). [28] Ketika debugging, jika pointer mouse melayang di atas variabel apapun, nilai saat ini ditampilkan dalam tooltip ("Data tooltips"), di mana ia juga dapat dimodifikasi jika diinginkan. Selama coding, debugger Visual Studio memungkinkan fungsi-fungsi tertentu dipanggil secara manual dari jendela alat Segera. Parameter ke metode yang diberikan di jendela Immediate.
Perancang
Visual Studio mencakup sejumlah desainer visual untuk membantu dalam pengembangan aplikasi. Alat-alat ini meliputi:

Windows Forms Designer
Windows Forms desainer digunakan untuk membangun aplikasi GUI menggunakan Windows Forms. Layout dapat dikontrol oleh perumahan kontrol dalam wadah lain atau mengunci mereka ke sisi formulir. Kontrol yang menampilkan data (seperti textbox, tampilan kotak daftar, grid, dll) dapat terikat ke sumber data seperti database atau query. Kontrol data-bound dapat dibuat dengan menyeret item dari jendela Sumber Data ke permukaan desain. UI dihubungkan dengan kode menggunakan model pemrograman event-driven. Perancang menghasilkan baik C # atau VB.NET kode untuk aplikasi.

WPF Designer
Perancang WPF, CODEC Cider, [31] diperkenalkan dengan Visual Studio 2008. Seperti desainer Windows Forms mendukung metafora drag dan drop. Hal ini digunakan untuk antarmuka pengguna penulis menargetkan Windows Presentation Foundation. Mendukung semua fungsi WPF termasuk data mengikat dan manajemen layout otomatis. Ini menghasilkan kode XAML untuk UI. File XAML yang dihasilkan kompatibel dengan Microsoft Expression Desain, produk desainer berorientasi. Kode XAML dihubungkan dengan kode menggunakan model kode-belakang.

Web desainer / pengembangan
Visual Studio juga mencakup editor situs web dan desainer yang memungkinkan halaman web yang akan ditulis dengan menyeret dan menjatuhkan widget. Hal ini digunakan untuk mengembangkan aplikasi ASP.NET dan mendukung HTML, CSS, dan JavaScript. Menggunakan model kode-belakang untuk menghubungkan dengan kode ASP.NET. Dari Visual Studio 2008 dan seterusnya, tata letak mesin yang digunakan oleh perancang web dibagi dengan Microsoft Expression Web. Ada juga dukungan ASP.NET MVC untuk teknologi MVC sebagai download terpisah [32] dan ASP.NET Dynamic Data proyek yang tersedia dari Microsoft

Kelas Desainer
Designer Kelas digunakan untuk penulis dan mengedit kelas (termasuk anggota dan akses mereka) menggunakan pemodelan UML. The Designer Kelas dapat menghasilkan C # dan VB.NET kode garis untuk kelas dan metode. Hal ini juga dapat menghasilkan diagram kelas dari kelas yang ditulis tangan.

Data Desainer
Perancang data dapat digunakan untuk grafis mengedit skema database, termasuk tabel diketik, primer dan kunci asing dan kendala. Hal ini juga dapat digunakan untuk merancang pertanyaan dari tampilan grafis.

Pemetaan Desainer
Dari Visual Studio 2008 dan seterusnya, desainer pemetaan digunakan oleh LINQ untuk SQL untuk merancang pemetaan antara skema database dan kelas yang mengenkapsulasi data. Solusi baru dari pendekatan ORM, ADO.NET Entity Framework, menggantikan dan meningkatkan teknologi lama.

4 komentar:

  1. asslm. boleh tau ini sumber lengkapnya? untuk klengkapan refrensi. mksh

    BalasHapus
  2. boleh donk mnta sumber referensinya utnk penulisan skripsi, :-)

    BalasHapus
  3. https://en.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Visual_Studio

    BalasHapus

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube